Sabtu, 27 Desember 2014

Cucak rowo pilihan paling merdu suaranya

Cucak rowo pilihan paling merdu suaranya. Para pembaca yang budiman cucak rowo adalah salah satu jenis burung yang paling banyak di gemari. saat ini burung cucak rowo banyak di pelihara. Burung cucak rowo piilahan tentu memiliki harga yang selamngit. Bila anda ingiun tahu banyak tentang burung cucak rowo, silahkan ikuti ulasan terbaik kami ini. selamat membaca ya

Dalam kiat sukses ternak cucak rowo ini ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan antara lain pemilihan calon untuk induk dan kandang. Kriteria sebagai calon untuk induk yang baik antara lain fisik sempurna dan sehat, mutu dan kualitas burung haruslah baik, untuk usia pejantan dan betinanya sudah siap untuk kawin dan dari keturunan yang baik serta mampu menghasilkan keturunan yang berkualitas baik.
Anda juga harus tahu kandang atau sangkar yang digunakan juga turut mempengaruhi berhasil atau tidaknya dalam penangkaran cucak rowo. Kandang atau sangkar penangkaran ini digunakan untuk tempat menangkarkan atau mengembangbiakan pasangan cucak rowo yang sudah siap untuk dikawainkan. Karena itu anda harus dapat membedakan kandang atau sangkar untuk pemeliharaan dan yang digunakan untuk penangkaran. Kandang penangkaran yang biasa digunakan dalam ternak cucak rowo umumnya terbuat dari kayu yang kuat, tahan lama dan tidak mudah lapuk. Lalu untuk lantai dasarnya bisa terbuat dari batu kerikil, batu kali, batu apung atau tanah. Komposisi tersebut memang sengaja agar menyerupai kondisi habitat cucak rowo di alam alam benas. Sementara itu untuk pembuatan kolam buatan bisa menggunakan semen dan batu alam. Anda juga bisa memasang lampu di kandang sebagai penerangan dan juga digunakan sebagai pemanas. Upayakan lokasi kandang jauh dari keramaian agar cucak rowo tidak mudah mengalami stres dan merasa nyaman berada di kandang.

Hal terakhir yang harus diperhatikan yaitu mengenai kriteria pemilihan pasangan cucak rowo. Pastikan burung yang akan ditangkarkan memiliki mutu dan kualitas yang baik baik dari segi fisik, kesehatan dan mutu suara. Umur burung yang akan ditangkarkan juga perlu diperhatikan sebab anakan yang dihasilkan dari induk yang terlalu muda biasanya memiliki kondisi yang lemah dan suaranya juga tidak terlalu keras. Kekurangan lainnya adalah resiko kematian yang cukup tinggi sebab indukan yang berusia muda belum mampu merawat anaknya dengan baik sementara itu kekurangan dari usia indukan yang terlalu tua adalah kurang produktif dan seringkali telur gagal menetas. Kesalahan yang seringkali dilakukan para peternak pemula adalah tidak dapat membedakan mana yang jantan dan mana yang betina jadi dalam satu pasangan bisa saja jantan atau betina semua. 
Demikianlah sajian lengkap kami tgentang burung cucak rowo pilihan merdu untuk anda. semoga apa yang sudah kita ulas bisa berguna bagi anda para pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar